Sabtu, 09 November 2013

Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Apa itu metamorfosis?
Metamorfosis adalah perkembangan biologi suatu makhluk hidup dari telur hingga dewasa yang melibatkan perubahan fisik.

Metamorfosis dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :




  1. Metamorfosis Sempurna
          Sempurna di sini bukan berarti memiliki segala sifat baik melainkan mengalami perubahan yang                  mencolok dari larva hingga imago (dewasa). Tahap pertumbuhan pada metamorfosis sempurna adalah :        Telur--->Larva--->Pupa--->Dewasa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah          kupu-kupu. Perbedaan larva kupu-kupu dan kupu-kupu dewasa terlihat sangat mencolok. Hewan lain          yang mengalami metamorfosis sempurna adalah katak, meskipun katak tidak melewati proses pupa atau        kepompong, namun perbedaan berudu dan katak dewasa sangat jelas.

    2.   Metamorfosis tidak sempurna

            Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang melalui tahap telur yang menetas menjadi          nimfa, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi imago (dewasa).

            Nimfa adalah hewan muda yang mirip dengan hewan dewasa tetapi berukuran lebih kecil dengan            perbandingan tubuh yang berbeda. Nimfa akan mengalami molting (pergantian kulit),setiap kali setelah          molting mahluk hidup itu kelihatan lebih mirip dengan hewan dewasa. 
     Contoh metamorfosis tidak sempurna : jangkrik, belalang, kecoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar